Kiat-kiat Sahur di Bulan Ramadan Agar Tetap Fit




Oleh: Abdul Qowi Bastian

Tak terasa, bulan Ramadan sudah tiba.

Untuk kamu yang menjalani puasa, pasti ingin agar kamu tetap sehat dan fit sepanjang hari. Kuncinya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang baik bagi tubuh kamu sewaktu sahur.

Berikut adalah kiat-kiat sahur seperti yang dijelaskan oleh Director of Rai Institute Halim Tsiang:

1. Hindari, atau setidaknya membatasi, minuman berkafein, seperti kopi dan teh. Kenapa? Karena kafein bersifat diuretik (menguras air dari dalam tubuh) sehingga berpotensi mempercepat dehidrasi.

Diuretik sendiri dapat diartikan sebagai suatu kondisi, sifat atau penyebab naiknya laju urinasi. Artinya, kamu akan merasa ingin selalu buang air kecil.

2. Kurangi kadar rasa asin, pedas, dan gurih dalam makananmu. Kalau bisa, kurangi ke level terendah yang bisa kamu nikmati. Mengapa? Karena asin, pedas, dan gurih memicu rasa haus lebih awal.

Akibatnya, kamu akan dibuat ingin meminum air lebih banyak.  Nah, air yang banyak tersebut akan mengganggu proses pencernaan.

3. Memperbanyak sayuran, buah, dan protein. Untuk protein, atau lauk seperti dada ayam, ikan, dan daging, sangat dianjurkan untuk tidak digoreng atau dibakar.

Pilihannya adalah dengan mengkukus, merebus, menumis, atau memanggang lauk tersebut. Oh ya, ikan atau ayam dipepes juga enak, lho.

4. Pilih karbohidrat kompleks dengan kadar serat yang lebih tinggi, seperti nasi merah dan ubi merah yang dikukus).

Kenapa? Karena selain memberikan pelepasan energi berkala, karbohidrat kompleks juga membantu melambatnya pengosongan lambung. Dengan kata lain, menjaga rasa kenyang lebih lama.

5. Minum air putih saja.

Comments