Risiko Batu Ginjal Lebih Tinggi Pada Lelaki, Ini 4 Hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mencegahnya




Oleh: Ibrahim Musa

Kamu pernah ngerasain rasa sakit saat buang air kecil? No? Good.

Tapi kalau kamu pernah, hati-hati, bisa jadi kamu mengalami sakit batu ginjal. 

Apa sih batu ginjal itu?

Penyakit batu ginjal adalah suatu kondisi ketika muncul “batu” di dalam ginjal. Gejala batu ginjal bisa dirasakan kalau batu tertahan di dalam ginjal. Biasanya karena ukuran yang sudah besar sehingga enggak bisa melewati ureter. 

Beberapa gejalanya antara lain adalah mengalami nyeri di beberapa bagian tubuh, seperti punggung bagian bawah, perut bagian bawah, daerah selangkangan, dan di bawah tulang rusuk.

Selain itu, kamu juga mungkin mengalami mual dan muntah. Ada juga yang urinnya berdarah atau berwarna keruh.

Nah, sebagai lelaki kita perlu waspada nih. Karena di Indonesia, jumlah pengidap batu ginjal mencapai angka 0,5% dari populasi, dan penyakit ini lebih banyak dialami oleh pria dibandingkan wanita.

Untuk mencegahnya, ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah batu ginjal:

1. Minum air putih yang banyak

Minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Rajin minum air dapat menurunkan risiko pembentukan batu ginjal. 

Kamu juga harus membatasi minuman pemanis atau yang berkalori tinggi, seperti alkohol, kafein, teh, dan minuman bersoda karena bisa meningkatkan risiko batu ginjal. 

2. Kurangi konsumsi makanan bergaram

Kebanyakan konsumsi (natrium) garam dapat memicu sakit batu ginjal karena meningkatkan jumlah kalsium dalam urin. Batas wajar asupan garam dalam sehari setara dengan 1 sendok teh garam dapur (5 gr garam). 

Selain dari garam dapur, natrium juga terdapat pada saus sambal dan tomat, kecap, saus tiram, makanan kalengan dan yang berpengawet, dan makanan cepat saji. 

3. Batasi konsumsi protein hewani

Daging dan sumber protein hewani lainnya seperti telur, jeroan, sea food, dan susu serta produk susu mengandung purin, yang kemudian akan diubah menjadi asam urat di dalam urin. 

Nah, asam urat adalah salah satu bahan pembentuk batu ginjal. Kamu disarankan untuk enggak mengonsumsi lebih dari 170 gram daging per hari untuk mencegah batu ginjal.

4. Menjaga berat badan

Buat kamu yang memiliki berat badan berlebih juga perlu waspada karena memiliki risiko batu ginjal yang lebih tinggi. 

Hal ini dapat menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan jumlah kalsium dalam urin sehingga berisiko lebih besar mengalami batu ginjal. 

Comments